TEORI DAN BIDANG MANAGEMEN
Teori Managemen
Perkembangan managemen yang sangat cepat melalui studi di perguruan tinggi memunculkan teori - teori managemen dari berbagai aliran. teori - teori itu dapat dikelompokan ke dalam aliran berikut.- Aliran Klasik
- Akiran Perilaku
- Aliran Managemen Ilmiah
- Aliran Analisis Sistem
- Aliran Managemen Baerdasarkan Hasil
- Aliran Managemen Mutu
Bidang Managemen
Managemen Produksi
Menejemen produksi merupakan salah satu bidang manajemen yang penting. Ketika mutu produk atau jasa menjadi kunci dalam memenangi persaingan bisnis, peran menejemen produksi terasa semakin penting bagi perusahaan. Kegiatan produksi yang buruk dapat mengakibatkan pemborosan dalam bentuk menumpuknya persediaan. Yang buruk juga dapat berakibat pada rendahnya mutu produk atau jasa yang dihasilkan. Banyak perusahaan yang gagal bersaing dipasar karena lemah dalam pengelolaan produksi. Di lain pihak, ada perusahaan yang berhasil memenangi persaingan karena mengelola kegiatan produksinya dengan baik.
Pengertian manajemen produksi
Manajemen produksi dapat di ilustrasikan dengan sebuah sekolah menengah atas. Contohnya, nilai rata rata UN siswa atau tingkat kelulusan dalam SPMB. Untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah membutuhkan siswa,guru,gedung sekolah,perlengkapan(misalnya papan tulis dan kapur), dan sebagainya.
Perencangan sistem produksi
- Rancangan produk(jasa)
- Volume produksi
- Proses produksi
- Lokasi dan tata letak
- Rancangan pekerjaan
Pengendalian sistem produksi
Pengendalian sistem produksi berkaitan dengan dua masalah utama menejemen operasi, yaitu masalah mutu dan persediaan.
Pengendalian mutu.
Perusahaan harus dapat menjaga supaya mutu barang tetap terjamin. Usaha tersebut dapat dilakukan dengan memperhatikan hal hal berikut.
- Bahan baku(input) yang digunakan harus bermutu
- Penggunaan teknologi maju untuk menjamin mutu
- Penetapan tanggal berlakunya produk
- Pengepakan(pengemasan) yang baik untuk mempertahankan mutu barang dan menarik perhatian konsumen.
Menejemen Pemasaran
Menurut Philip Kotler, pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana seseorang taau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.
a. Riset pasar
Pasar merupakan indikator pemberian informasi yang memengaruhi bidang bidang lainnya.
b. Segmentasi, targeting, dan positioning
Proses pemilihan pasar oleh manajemen pemasaran diawali dari proses segmentasi. Segmentasi adalah proses identifikasi kelompok konsumen homogen yang akan dilayani perusahaan. Contohnya, Astra Internasional (Astra) , yang merupakan produsen mobil. Astra membuat mobil yang ditujukan sebagai kendaraan rumah tangga dan kendaraan niaga.
c. Bauran pemasaran
- Produk(Product)
- Harga(price)
- Promosi(promotion)
- Distribusi atau penempatan(place)
d. Kepuasan pelanggan
Pelanggan merupakan raja yang harus dipenuhi kebutuhannya. Pemenuhan kebutuhan ini mengacu pada kepuasan konsumen dalam jangka panjang.
Menejemen keuangan
a. Sumber dana
Manager keuangan harus dapat memilih sumber dana yang akan digunakan dalam perusahaan. Sumber dana itu dapat berasal dari dalam perusahaan dan dari luar perusahaan.
b. Penggunaan dana
Dana yang ada pada perusahaan, baik yang bersumber dari dalam maupun dari luar perusahaan harus digunakan sebaik mungkin, hal ini bertujuan agar nilai perusahaan semakin meningkat pada masa yang akan datang. Dana itu dapat digunakan untuk hal hal berikut :
1. Penanaman modal jangka pendek
2. Penanaman modal jangka panjang
c. Pengawasan penggunaan dana
Dana yang digunakan harus diawasi agar sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan.
4. Menejemen personalia
Adalah perencanaan,pengorganisasian,pengarahan dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja,pengembangan,kompensasi,integrasi,pemeliharaan,dan pemutusan hubungan kerja(PHK) dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perseorangan.
a. Penerimaan pegawai
Harus dapat menjaring sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan. Langkah langkah yang diperlukan pada penerimaan pegawai adalah sbb:
1. Analisis jabatan
2. Seleksi penerimaan pegawai
3. Pelatihan dan pendidikan
b. Penilaian pegawai
c. Promosi dan mutasi
d. Motivasi
Menurut George Terry , salah satu fungsi manajemen adalah actuating(penggerakan) merupakan suatu langkah dalam organisasi agar anggota dapat atau mau bekerja dengan maksimal.
5. Menejemen Administrasi
a. Pengadministrasian kegiatan
b. Pemakaian alat alat perkantoran
c. Pemeliharaan organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mau komentar?
monggo tulis di bawah ini