Histats

no more iklan

RESUME MANAJEMEN KONFLIK - PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL

Negoisasi

Negoisasi adalah teknik mengelas masalah antara individu atau dengan pihak lain untuk mencapai kesimpulan yang menguntungkan semua yang terlibat dalam diskusi. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menghindari konflik dan ketegangan. Ketika individu tidak setuju satu dengan yang lain, mereka akan duduk bersama,membahas masalah pada forum terbuka,bernegoisasi satu sama lain dan sampai pada solusi alternatif yang memuaskan semua.

Negoisator harus mempertimbangkan posisi mereka jika negoisasi gagal menghasilkan hasil yang dapat diterima mereka dapat menentukan suatu best alternative to a negotiated agreement(BATNA) atau suatu alternatif terbaik untuk perjanjian negoisasi memberikan alternatif di mana kesepakatan tidak dapat dicapai. kondisi ini tidak memerlukan kerjasama dari orang lain dan memberikan opsi ketika negosiasi gagal.

Seorang negoisator dapat melakukan hal-hal tersebut dibawah ini:

  1. Menghindari perjanjian yang tidak sesuai
  2. Nilai hasil potensial baterai yang akan digunakan untuk memutuskan Apakah perjanjian yang dinegosiasikan lebih baik daripada alternatifnya.

Definisi Negoisasi

Negoisasi adalah proses interaksi antara dua atau lebih negoisator atau pihak-pihak yang berupaya menemukan landasan bersama, dalam masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama di mana peranan voice actor atau pihak berusaha untuk membuat kesepakatan yang dapat diterima bersama dan dihormati oleh semua. Negoisasi juga berarti komunikasi antara dua pihak atau lebih dengan tujuan mencapai hasil atau tujuan akhir yang memuaskan, yang dikenal sebagai kompromi. Teori negoisasi biasanya dibagi menjadi dua yaitu negosiasi distributif dan Negosiasi integratif.Negosiasi distributif melibatkan kedua belah pihak yang saling bersaing,dengan indikasi yang jelas tentang apa yang akan dan tidak akan mereka terima. hal ini didasarkan pada fakta bahwa pihak-pihak yang bernegoisasi saya ada sejumlah nilai yang terbatas untuk dibagikan dan mereka perlu bersaing untuk mendapatkan bagian terbesar.

Beberapa pengertian terkait negoisasi menurut para ahli sebagai berikut:

  • Menurut HartmanNegosiasi merupakan suatu proses komunikasi di mana dua pihak masing-masing dengan tujuan dan sudut pandang mereka sendiri berusaha mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak tersebut mengenai masalah yang sama
  • Menurut David OliverNegoisasi adalah sebuah transaksi di mana kedua belah pihak mempunyai hak atas hasil akhir
  • Menurut casse Negoisasi adalah proses dimana paling sedikit ada dua pihak dengan persepsi, kebutuhan, dan motivasi yang berbeda mencoba untuk bersepakat tentang suatu hal demi kepentingan bersama

Manfaat negoisasi bagi perusahaan

Negoisasi adalah diskusi di antara individu untuk menemukan alternatif yang memperhitungkan kepentingan semua orang dalam negoisasi yang saling menguntungkan orang mencoba kemampuan yang terbaik untuk mencapai solusi di mana setiap orang diuntungkan dan tidak ada orang yang dirugikan negoisasi sangat penting dalam perusahaan yaitu untuk menghindari konflik dan meningkatkan hubungan antar karyawan.

Model negoisasi

Negoisasi didefinisikan sebagai diskusi di antara individu untuk mencapai kesimpulan yang dapat diterima oleh semua orang. Hal ini adalah proses dimana orang-orang daripada bertengkar di antara mereka sendiri mereka duduk bersama,mengevaluasi pro dan kontra dan kemudian mencari jalan keluar pemecahan masalah dengan alternatif dan situasi menang-menang (win win)untuk semua.

Model menang-menang (win-win model)

Persyaratan pertama dan terpenting untuk negoisasi yang efektif adalah persiapan seseorang harus siap, sebelum melakukan negoisasi, tujuan reboisasi harus jelas, tujuan negoisasi harus jelas, Mengapa anda perlu negoisasi?Apa tujuannya? jangan berada dalam kondisi perikanan di mana yang telah berubah pikiran jika anda mengharapkan kerja tertentu lebih baik mana artinya jika anda memiliki bakat Anda pasti akan mendapatkan apa yang anda inginkan tetapi penting untuk memiliki harapan yang realistis .Jangan meminta sesuatu yang akan merugikan pihak lain, seseorang harus selalu siap dengan rencana alternatif, bersifat transparan dan jujur dengan pihak kedua selama negoisasi, Tunjukkan rasa percaya diri, Pahami pihak kedua dengan baik, jadilah komunikator yang baik, seorang individu harus belajar berkompromi semaksimal mungkin, hindari Datang Terlambat, Jangan membuat pembicaraan terlalu lama, jaga emosi dalam negoisasi, bersikap sabar, memilih ruang yang tepat untuk negoisasi, setelah anda sampai dengan registrasi selanjutnya adalah menandatangani kontrak dan perjanjian di hadapan kedua belah pihak pastikan bahwa semua syarat dan ketentuan yang diperlukan disebutkan dengan jelas dalam sebuah kontrak.

Model menang kalah(Lose-win model)

Dalam model ini satu pihak menang dan pihak lainnya kalah dalam hal seperti itu,pada beberapa kali diskusi dan negoisasi satu pihak diuntungkan sementara tersebut tetap merasa tidak puas.

Model kalah kalah (Lose- Lose model)

Dalam model ini hasil Negosiasi adalah nomor atom masing-masing pihak Allah tidak ada pihak yang diuntungkan dari model ini. Contoh seandainya a tidak membeli laptop setelah beberapa kali negoisasi baiknya maupun pemilik toko tidak akan mendapatkan apapun dari kesepakatan itu Amir akan pulang dengan tangan kosong dan aku tidak akan mendapat apa-apa. Dalam hal ini,umumnya kedua pihak tidak mau menerima pandangan atau pendapat satu dengan yang lain dan akan berkompromi.

Model negoisasi RADPAC

Model negoisasi RAPDAC(Rapport:Hubungan,Analysis:Analisis, Debate: Debat, Propose :Usulan,Agreement:Persetujuan,Close:Penyelesaian). adalah modal negosiasi yang banyak digunakan di perusahaan.

Jenis negoisasi

  • Negoisasi sehari-hari di tempat kerja 
  • Negosiasi antara karyawan dan atasan
  • Negoisasi antara rekan sejawat
  • Negoisasi komersial
  • Negoisasi hukum


0 Response to "RESUME MANAJEMEN KONFLIK - PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL"

mau komentar?
monggo tulis di bawah ini